Bunga Akhlaq Nabi Muhammad saw (1)

Lotus_Nelumbo_nucifera_Flower_Large_3264px2

Nabi Muhammad saw merupakan salah satu tanda dari kebesaran Allah swt., dan merupakan suatu keajaiban di alam semesta, ia adalah nabi yang penuh dengan belas kasih, dan ia bagaikan sebuah karunia bagi ummat manusia, yang memiliki akhlak yang begitu tinggi dan mulia, dan sesungguhnya Allah swt. telah bersaksi atas keagungan akhlaknya saw.: “Kamu sungguh berada diatas akhlaq yang agung”, marilah kita belajar akhlaq Nabi saw dan berupaya menirunya dalam semua urusan hidup kita.

Mungkin adalah sebuah perkara yang biasa untuk tertarik pada sebuah bunga yang unik di tengah-tengah gurun, tetapi apa jadinya jika anda berdiri di sebuah kebun bunga yang diisi dengan bermacam bunga dan tumbuhan, yang warnanya bervariasi, dan memiliki berbagai bentuk, dan harumnya menyengat hidung anda, membuat Anda berpindah dari satu bunga ke bunga, tentulah anda merasakan suasana yang begitu penuh kesenangan dan kebahagiaan?! Kebun yang menyenangkan hati itu adalah kebun akhlaq sang kekasih Allah – sholawat serta salam baginya. Semoga kita dapat mencontoh bunga-bunga akhlaq beliau saw.

Petunjuk Nabi untuk berbelas kasih kepada hewan
kehadiran Nabi saw merupakan sebuah tanda kebesaran Allah swt, kita tidak boleh sama sekali melupakan atau mengabaikan sejarah yang cemerlang ini, khususnya ketika kehidupan sekarang ini telah banyak menyimpang dari timbangan keseimbangannya, dan fakta mudah diputarbalikkan dan dirubah.
Kita sering mendengar klaim bahwa Barat adalah yang pertama mendirikan asosiasi perlindungan hewan, dan kita tidak menyangkal bahwa Barat memang melakukan itu sekarang, tapi tidak mungkin sama sekali untuk mengklaim bahwa Barat mendahului umat Islam dalam hal ini, karena sesungguhnya yang pertama-tama menyerukan belas kasih kepada hewan adalah Nabi Muhammad saw.

Diriwayatkan oleh Muslim dari hadits Syaddad bin Aws ra bahwa Nabi saw bersabda: (Allah SWT menetapkan ihsan dalam segala hal, Jika kalian membunuh maka janganlah melampaui batas, Jika kalian menyembelih hewan maka lakukan secara terbaik, tajamkanlah ketika mengasah pisau, dan tenangkanlah sembelihan kalian).

Pelacur yang masuk surga karena anjing
Dikabarkan kepada kami bahwa Rasulullah saw. mengatakan kepada kami bahwa seorang pelacur dari bani Israel telah masuk surga karena seekor anjing, hadits sahih ini diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Nabi saw bersabda: (suatu ketika seorang pelacur bani Israel berjalan, kemudian melewati sebuah air sumur lalu minum, dan sementara itu seekor anjing terengah-engah dan sangat kehausan, lalu kembalilah wanita Bani Israel itu ke air sumur, lalu mengisi sepatunya dengan air, lalu memberi minum anjing tersebut sehingga Allah swt. memaafkan dan mengampuni dosa-dosanya).

Allah Maha Besar! Agama kita adalah agama belas kasih dan kasih sayang bukan hanya kepada manusia, tapi bahkan kepada hewan anjing, kucing, burung, dan lainnya; Bandingkan ini dengan kekejaman, dan kebrutalan yang kita lihat sekarang di zaman kita, seakan kita merasa hidup di dunia lain.

Sekarang Anda melihat dunia yang dipenuhi kekejaman, dunia yang keras, dunia yang telah dikaruniakan oleh Allah swt. dengan teknologi, ilmu, dan penemuan ini, namun yang justru merusak dunia ini dan dipergunakan untuk pemusnahan umat manusia, tidak ada hari yang berlalu kecuali kita hanya melihat tumpahan darah, dan melihat bagian tubuh robek di mana-mana di muka bumi, sebuah dunia yang dipenuhi kegilaan. Dunia yang membuat bom, rudal, dan pesawat, untuk menghancurkan pabrik-pabrik, membakar ladang pertanian, menghancurkan tanaman maupun ternak.

Teknologi yang melenyapkan umat manusia, dan kemudian Anda melihat seruan kepada masyarakat untuk mengumpulkan sumbangan guna melakukan rekonstruksi kembali, sebuah dunia yang mengherankan!! Nabi saw mengatakan kepada kita bahwa pelacur dari orang Israel memasuki surga karena belas kasihan kepada anjing, sehingga Allah SWT mengampuninya.

Jika kasih sayang kepada anjing dapat menghapus dosa pelacur, maka bagaimana kasih sayangnya untuk orang-orang yang bertauhid kepada-Nya? Bila kasih sayang kepada seekor anjng dapat mengampuni dosa pelacur, maka bagaimanakah keutamaan dan pengampunan Allah swt. bagi orang-orang yang mengasihi orang sakit, miskin, janda, atau yatim piatu? Ini rahmat Allah bagi mereka yang mengasihi anjing, maka bagaimanakah rahmat atau kasih sayang Tuhan Yang Maha Esa terhadap seorang yang mengasihi seorang Muslim, mukmin, orang miskin, yatim piatu? Lihat keutamaan Allah ini dan ikutilah petunjuk kenabian ini.

Perempuan Masuk Neraka karena seekor kucing
Dalam benar dari Ibnu Umar bahwa Nabi, saw berkata: (Seorang wanita masuk ke dalam neraka dikarenakan kucing). Lihatlah seorang pelacur dapat masuk ke surga dikarenakan seekor anjing, dan seorang wanita memasuki api neraka dikarenakan kucing, mengapa hal ini bisa terjadi? Beliau saw. mengatakan: (dia menahan dan mengunci kucing tersebut dan tidak memberi makan, padahal jika dibebaskan kucing itu bisa memakan serangga diatas tanah), dia menahannya, tidak memberinya makan dan minum, tidak pula membebaskannya untuk makan dari rizki Allah swt. yang ada di atas tanah.

Maka Demi Allah orang tidak melaksanakan sholat, bertauhid, berzakat, berhaji, takut kepada-Nya, tidak melaksanakan kebaikan, atau menjauhi kemaksiatan, kecuali dalam rangka untuk memenangkan surga, dan agar Allah swt. Membebaskannya dari api, segala perkara ini bisa batal dikarenakan tiadanya rasa belas kasih atau kasih sayang.

Begitulah akhlaq Nabi Muhammad, SAW yang telah mengajarkan kepada kita bahwa seorang pelacur pun dapat masuk surga dikarenakan belas kasihan terhadap seekor anjing, dan seorang wanita dapat masuk Neraka dikarenakan menyiksa seekor kucing. Wallahu a’lam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *