Pertentangan Akidah Antara Gerakan Zaman Baru Dan Islam (seri 18)

 

Dengan melihat penjelasan yang telah penulis jabarkan pada bab-bab sebelumnya, pembaca dapat merasakan adanya pertentangan kuat antara GZB ini dengan ajaran-ajaran Islam yang bersumber dari wahyu ilahi.

Islam adalah agama yang tidak didasarkan pada angan-angan dan khayalan semata. Ia datang dengan dibawa oleh seorang Rasul Allah yang sangat terpercaya (al amin). Inti dari ajaran Islam yang dibawa oleh para rasul dan anbiya dari Adam as. hingga Muhammad saw. adalah ajaran tentang keesaan Allah. Di seluruh penjuru muka bumi ini bahkan alam semesta ini, tidak dapat kita temukan satupun agama atau dien yang memiliki satu paket sistem kepercayaan atau keimanan yang sangat sempurna sebagaimana yang dimiliki oleh Islam.

Prinsip-prinsip Iman yang diajarkan didalam agama Islam merupakan perpaduan sempurna dan serasi antara logika dan metafisika, sehingga logika macam apapun yang dipergunakan oleh seorang anak manusia, selama logika itu masih bersih dari pengaruh hawa nafsu dan bisikan syetan maka tentulah logika itu akan menegaskan keyakinannya akan fakta-fakta terkait Sang Pencipta Yang Maha Gaib, tentang adanya alam yang gaib dibalik penglihatan mata inderawi manusia yang lemah dan penuh keterbatasan.

Hal-hal ghoib yang dikabarkan oleh Islam tidaklah berdasarkan pada khurafat, khayalan, takhayul, impian, angan-angan, ataupun bisikan syetan seperti halnya yang terjadi dengan GZB, sebaliknya hal-hal ghoib yang dikabarkan oleh Islam adalah bersifat faktual dan tidak menipu manusia yang hendak meyakininya, karena semua hal-hal goib ini seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan manusia, justru semakin memperkuat hakikat hal-hal goib atau prinsip-prinsip keimanan yang dikabarkan oleh agama Islam, agama para rasul dan anbiya.

Hal ini berbeda sekali kondisinya bahkan bertolak belakang dengan kondisi yang ada pada agama-agama buatan manusia, yang condong mengarah pada agama-agama khayalan, impian, angan-angan kosong, takhayul atau berasal dari bisikan syetan. Berbagai ajaran-ajaran buatan manusia sejalan dengan waktu dan perkembangan ilmu pengetahuan akan terungkap kebobrokannya dan ketidakbenarannya. karena agama khayalan didasarkan pada fondasi yang semu dan tidak real, sementara agama yang haq didasarkan pada kabar yang benar dari Ilahi.

Demikian inilah yang terjadi pada agama atau bisa kita sebut Gerakan Zaman Baru ini. Setelah mengkaji gerakan ini beserta ciri-cirinya diatas, kita dapat melihat bahwa gerakan ini menjual angan-angan kosong dan penipuan atas masyarakat umum. Model gerakan atau kepercayaan yang dijalankan oleh GZB yang serba-longgar ini memang secara cerdik banyak sekali mengecoh umat Islam pada umumnya. Aktivitas-aktivitas gerakannya yang mengeksplorasi dan mengeksploitasi perasaan nyaman dan tenang[1] yang ada pada diri insan, secara jelas menjadikan gerakan ini dengan agenda-agendanya begitu digandrungi oleh orang-orang dan masyarakat umum. Bukankah tiada seorangpun yang anti terhadap perasaan nyaman? Dan inilah titik sasaran yang dibidik oleh gerakan syetan ini. Namun ia tidak datang hanya membawa perasaan nyaman saja bagi para pengikutnya, melainkan ia menyimpan ideologi dan keyakinan yang munkar, penuh kesesatan dan tipuan iblis laknatullah alaih. Keyakinan yang bisa membatalkan keislaman seseorang bila ia diikuti dan dipraktekkan, semoga Allah melindungi kita dari berbagai tipu daya setan ini.

Al Islam yang jernih sebagaimana dibawa oleh para rasul dan anbiya memiliki konsep-konsepnya sendiri yang secara jelas menolak berbagai kepercayaan kelompok GZB ini.

 


[1] Inilah kata kunci yang menjadi sasaran atau target utama aktivitas GZB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *