Praktek-Praktek Keagamaan Kaum New Age[1] (seri 15)

 

Untuk memanifestasikan berbagai kepercayaan dan keyakinan tersebut, para penganut Zaman Baru mempraktekkan berbagai ritual-ritual, baik yang terlihat seperti layaknya ritual keagamaan seperti meditasi ataupun ritual yang tidak tampak sama sekali menyerupai ritual agama seperti seminar-seminar ataupun praktek yoga dan lain sebagainya.

 

Dalam realitanya, praktek-praktek atau fenomena GZB ini memiliki tingkatannya dari yang samar; yang agak jelas hingga yang terang-terangan merupakan ajaran atau praktek GZB. Disini kita tidak akan menjabarkan satu per satu model praktek atau ritual yang dilakukan oleh para praktisi GZB, melainkan hanya menyebut nama-namanya.

 

Berikut ini praktek-praktek ala GZB yang patut diketahui agar dapat dihindari.

Yoga; seminars (atau disebut juga Forum); Meditasi transendental; pengembangan kemampuan kejiwaan; kaset stimulus bawah sadar untuk pengembangan diri; “menulis tiket anda sendiri dengan Tuhan” (seminar “menciptakan realitas anda sendiri”); seminar “menyentuh kekuatan Diri anda Yang Lebih Tinggi”; penggunaan pendulum, tongkat, dan I Ching; astrologi/ pernujuman; teknik menghubungan pemandu jiwa; agama alamiah ala paganism baru; berkonsultasi dengan pembaca kejiwaan; dan LSD dan obat-obat psikidelik (sejenis bius kejiwaan).

 

Contoh-contoh fenomena GZB yang sangat jelas

Bermain Papan Ouija; astrologi/ pernujuman; yoga; persentuhan dengan kehidupan masa lalu; kekuatan Kristal; pembengkokan sendok dengan kekuatan pikiran; berjalan diatas api; pengalaman luar-tubuh; perjalanan bintang; pembacaan kejiwaan; kekuatan piramida; penghubungan/ perantaraan (channeling); roh pemandu; kartu tarot; dan perlengkapan sihir.

 

Contoh-contoh fenomena GZB yang terselubung

Beberapa jenis latihan visualisasi-kejiwaan yang dipandu; beberapa teknik pengembangan kekuatan mental; kaset dan video pemrograman bawah sadar; hypnosis; beberapa jenis perawatan kesehatan holistik; kelas-kelas Hatha Yoga; teknik-teknik meditasi yang didasarkan pada falsafah mistik Timur; “psikologi transpersonal”; “psikologi humanistis”; event-event meditasi untuk kedamaian dunia; mesin-mesin kendali-otak; teknik-teknik ‘terlahir kembali’; dan beberapa kartun dan mainan anak-anak.

 

Contoh-contoh Fenomena Zaman Baru yang paling hangat belakangan ini

Mencari ‘penghubung’ (Channeling); kekuatan kristal; menghubungi “Diri Pribadi Yang Lebih Tinggi”; melancong ke kawasan-kawasan ‘pusat kekuatan’ (daerah ‘pusat kekuatan magis’); penyembahan dewi-dewi; meditasi demi kedamaian dunia; pembacaan jiwa; seminar pemberdayaan-diri; seminar kesuksesan dan kemakmuran yang didasarkan pada kepercayaan menyimpang; pengembangan kemampuan interaksi antarpribadi dan pelatihan seksual; dan, kegiatan kontak UFO melalui telepati.

 

Di Indonesia khususnya, berbagai seminar-seminar ala Zaman Baru telah menyebar luas di kalangan umat Muslim Indonesia. Mulai dari seminar motivasi, neurolinguistik, hingga seminar-seminar berselubung psikologi dan manajemen diri. Penyampaian-penyampaian didalam seminar-seminar ala GZB cenderung menghindari atau sangat jarang melekatkan diri kepada identitas atau latar belakang agama – persis seperti gaya GZB yang menghindar dari nilai-nilai agama tertentu, khususnya agama samawi, seperti Islam, Kristen dan Yahudi. Trainer model GZB cenderung memberi penjelasan-penjelasan atau ungkapan-ungkapan yang tidak terikat nilai-nilai agama baik itu Islam ataupun agama lainnya sebaliknya cenderung pada ‘ceramah’ universal yang bebas dari segala ikatan agama. Namun, sebaliknya di sisi lain terkadang pembicara GZB akan mengajak masyarakat umum untuk menyelami atau memahami kebijaksanaan rohaniah ala agama-agama Timur, seperti Taoisme, Buddha, dan lain-lain. Salah seorang pembicara terkenal di televisi swasta di Indonesia mengadakan perjalanan ‘wisata rohani’ ke negeri Tibet, dalam rangka menyelami dan memahami kebijaksanaan rohaniah ala Tibet. Walaupun sulit untuk memastikan apakah si pembicara merupakan kelompok GZB, namun dapat kita nyatakan bahwa praktek-praktek yang mengajak untuk menyelami rohani agama-agama Timur adalah praktek-praktek yang sangat khas bagi kelompok GZB.


[1] Inside the New Age Nightmare, hal. 93-94.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *